Kamis, 01 Juli 2010

OBSERVASI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Fungsi utama Lembaga Pendidikan dan Tenaga Pendidikan (LPTK) adalah menyelenggarakan pendidikan prajabatan bagi tenaga pendidikan. Pendidikan prajabatan tersebut bertujuan untuk mengahasilkan lulusan yang mampu melaksanakan tugas-tugas kependidikan dan keguruan secara mandiri sebagai tenaga profesional setelah lulusan tersebut bekerja sebagai tenaga kependidikan. Konsep, teori, dan seluruh pengalaman belajarnya di LPTK diharapkan sudah dapat diterapkan secara khusus kedalam kegiatan yang berkaitan dengan tugas profesional tersebut. Para lulusan profesional hendaknya dapat memecahkan masalah kependidikan keguruan dengan baik dalam rangka tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru yang profesional.
Untuk memperoleh lulusan yang berkualitas, sebagaimana disebutkan di atas maka Universitas Negeri Gorontalo menyiapkan program pengalaman Lapangan (PPL). PPL ini wajib di ikuti oleh mahasiswa setelah meraka memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
Pelaksanaan sengaja ditempatkan pada semester VI untuk PPL 1 dan semester VII untuk PPL 2, akhir dari seluruh program studi, karena pada saat itu para mahasiswa calon guru dianggap telah mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tegasnya sebagai guru. Hal itu dilakukan agar mereka dapat mengaplikasikan secara terpadu seluruh pengalaman belajarnya selama di Universitas Negeri Gorontalo ke dalam kegiatan PPL itu. Kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan secara terpadu pengalaman belajarnya di Universitas Negeri Gorontalo, hal ini mengisyaratkan keberhasilan dalam mengemban profesi keguruan kelak setelah mereka memangku jabatan sebagai keguruan.
Universitas Negeri Gorontalo merupakan salah satu perguruan tinggi yang akan mencetak guru – guru yang professional. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi tersebut, karena dapat dikatakan bahwa PPL merupakan program dari perguruan tinggi.

1.2 Tujuan
Adapun tujuan dalam penulisan laporan ini adalah :
1. Melihat secara langsung lingkungan fisik, sarana dan prasarana sekolah yang merupakan tempat pelaksanaan PPL II.
2. Menguasai berbagai kemampuan keguruan dan keterampilan mengajar.
3. Mampu menerapkan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi sebenarnya dibawah bimbingan para pembimbing.


BAB II
PEMBAHASAN
HASIL OBSERVASI PENGENALAN LAPANGAN
DI SMP NEGERI 1 GORONTALO


2.1. Gambaran Umum SMP Negeri 1 Gorontalo.
SMP Negeri 2 Gorontalo merupakan salah satu sekolah Menengah pertama yang ada Di Gorontalo, Sekolah ini mempunyai visi dan Misi tersendiri yakni sebagai berikut :
Visi :
terwujudnya insan cerdas dilandasi imtaq, mampu bersaing, dan berkolaborasi secara global
Misi :
1. Melaksanakan pengembangan kurikulum
2. Melaksanakn pengembangan tenaga kependidikan
3. Menlaksanakan peningkatan dan pengembangan standar proses
4. Melaksanakan peningkatan dan pengembangan fasilitas pendidikan
5. Mendorong peningkatan standar kelulusan
6. Melaksanakn peningkatan mutu kelembagaan dan menejemen
7. Melakasanakan pengembangan standar pembiayaan pendidikan
8. Melaksanakan Pengembangan standar Penilaian pendidiakn
9. Mewujudkan Sekolah Standar Internasional di Gorontalo

2.2. Keadaan Fisik Sekolah
1. Luas tanah : 7105 m2
2. Jumlah Ruang Kelas : 27 buah
3. Ukuran Ruang Kelas : 7 x 9 m
4. Bangunan dan fasilitas yang ada :
No SARANA GEDUNG JUMLAH KET
1 Ruang Kepala Sekolah 1
2 Ruang Dewan Guru 2
3 Ruang Tata Usaha 1
4 Ruang Kelas 27
5 Ruang Praktik Komputer 2
6 Laboraturium Fisika 1
7 Laboraturium Biologi 1
8 Laboraturium Bahasa 2
9 Perustakaan 1
10 Ruang BP/BK 1
11 Gedung Kesiswaan/Osis 1
12 Ruang UKS 1
13 Gedung Serba Guna (Aula) 1
14 Ruang Koperasi siswa 1
15 Mesjid 1
16 Ruang Fotocpy 1
17 Kamar Mandi/WC guru 1
18 Kamar Mandi/WC siswa 4
19 Rumah Penjaga sekolah 1
20 Lapangan Bola volly 1
21 Lapangan basket 1
22 Lapangan badminton 1
23 Lapangan sepak takraw 1

5. Peralatan Praktik
No Nama Alat Jumlah Keterangan
Ada Butuh Kurang
1 Komputer (Dekstop) 150 200 50 Kurang
2 Laptop 3 5 2 Kurang
3 LCD 2 4 1 Kurang
4 Handycamera 3 3 - Cukup
5 Digital Kamera 3 3 - Cukup
6 OHP 3 3 - Cukup
7 CRS Gallieo 10 20 10 Kurang
8 Perangkat Ticketting 3 5 2 Kurang
9 Internet equipment 15 20 5 Kurang
10 Cash Register 1 2 1 Kurang
11 Timbangan harga 1 2 1 Kurang
12 Mesin Tik Manual 142 142 - Cukup
13 Wierlas sistem 3 3 - Cukup
14 Keyboard Yamaha 2 2 - Cukup
15 Telepon Paralel 5 5 - Cukup
16 Faxmile 1 3 2 Kurang
17 Tower Internet 1 1 - Cukup
18 Tower Pemancar radip 1 1 - Cukup
19 Seakers Monitor TPR 1 1 - Cukup
20 Tape Rekorder 10 10 - Cukup
21 Perangkat Penyiaran 1 1 - Cukup
22 Sound system 1 1 - Cukup

2.3 Keadaan Lingkungan Sekolah
a. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
Utara : Rumah-rumah penduduk
Timur : Rumah-rumah penduduk
Selatan : Rumah-Rumah penduduk
Barat : Rumah-rumah penduduk
Pada intinya SMP Negeri 2 Gorontalo di kelilingi oleh Rumah-rumah penduduk yang dibatasi dengan pagar pembatas.
b. Kondisi Lingkungan Sekolah
Meskipun SMP Negeri 2 Gorontalo terapit oleh rumah-rumah penduduk, namun kondisi lingkungan sekolah SMP Negeri 2 Gorontalo sangat baik, aman, dan tertata rapi serta nyaman.

2.4 Penggunaan Sekolah :
1. Jumlah sekolah yang menggunakan bangunan ini yaitu paten SMP Negeri 2 Gorontalo
2. Jumlah shift 1 Hari 1 kali
2.5 Guru dan Siswa
1. Jumlah Guru : 65 Guru Tetap dan 1 Guru Honor
2. Jumlah Kelas : 27 Ruangan
3. Jumlah Siswa Perkelas : 38 siswa untuk kelas IX dan 40 siswa untuk kelas IIV dan IIIV
4. Jumlah Siswa Seluruhnya : 1062 Orang

2.6 Program Akademik Sekolah :
1) Program Kurikuler : Mengajar dan sebagainya
2) Program Ekstrakurikuler : Pramuka, Pesantren, Kesenian, Olahraga
3) Sumber belajar selain buku yaitu praktikum di lab dan computer.

 Kesan dan hubungan antara guru-guru, guru siswa, siswa-siswa dan hubungan antara semua personil di sekolah tersebut.
1. Hubungan guru-guru disekolah SMP Negeri 2 Gorontalo terjalin dengan baik serta saling toleransi satu sama lain
2. Hubungan guru-siswa Di SMP Negeri 2 Gorontalo terjalin dengan baik serta harmonis
3. Hubungan siswa-siswa Di SMP Negeri 2 Gorontalo terjalin dengan baik walaupun sudah ada sifat untuk membuat Geng atau Kelompok sendiri-sendiri
4. Hubungan guru dengan pegawai tata usaha Di SMP Negeri 2 Gorontalo terjalin baik dan saling menghargai..

2.7 Tata Tertib Sekolah
Untuk siswa, guru dan pegawai antara lain :
 Datang tepat waktu yaitu sebelum pukul 06.45
 Berpakaian sesuai dengan ketentuan Sekolah.
 Wajib mengikuti Upacara bendera dan lain sebagainya.
Kesan Umum
kegiatan belajar mengajar di SMP 2 gorontalo sesuai dengan pengamatan saya sudah lebih dari cukup, dimana guru mampu mengelolah kelas dengan baik dan kegiatan guru di dalam kaelas antara lain:
1. ketika masuk kelas yang di kerjakan guru adalah mengecek kesiapan siswa dan kondisi kelas serta menyiapakan bahan ajar.
2. guru membuka pelajaran dengan cara memberikan apersepsi sehubungan dengan materi dan menjelaskan indikator pembelajaran
3. tahap pendahuluan yang di berikan dalam proses belajar mengajat selama 10 menit.
4. menyajikan meteri pokok pelajaran dengan menggunakan sunber belajar seperti lets talk, dan memberikan materidan tugas kelompok atau individu.
5. dalam proses belajar mengajar juga sering di temukan ada beberapa siswa yang berpartisipasi dan bertanya sehingga kelas terasa hidup dan terjadi pengembangan serta penukaran informasi.
6. saat menutup pelajaran pun guru mampu memberikan kesimpulan dan menanyakan kembali kesulitan siswa.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
SMP Negeri 2 Gorontalo adalah sekolah menengah pertama yang memiliki images yang sangat baik dimata masyarakat Gorontalo. Selain itu juga sekolah ini memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai disamping peraturan (tata tertib) yang diterapkan disekolah sudah menghasilkan.

3.2 Saran
Dari hasil observasi yang kami lakukan, maka semua sarana dan prasarana yang telah tersedia di sekolah sudah sangat baik, untuk itu bagi siswa maupun guru dan tata usaha pergunakanlah sarana dan prasarana ini dengan baik karena semua itu dapat menunjang kegiatan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar